PG PAUD UNISVET FASILITASI GURU PAUD INDONESIA DALAMI PEMBELAJARAN DEEP LEARNING BERSAMA BSKAP PUSKURJAR
Semarang, 18 Maret 2025
Dalam upaya mendukung transformasi pendidikan anak usia dini di Indonesia, Program Studi PG PAUD Universitas Ivet (Unisvet) Semarang menyelenggarakan webinar nasional bertema "Transformasi Kurikulum Indonesia: Implementasi Pembelajaran Deep Learning" pada Selasa, 18 Maret 2025.
Acara yang digelar secara daring ini berhasil menarik perhatian lebih dari 1.000 pendidik PAUD dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan narasumber utama Dr. Fathur Rohim, motivator sekaligus perwakilan dari BSKAP Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), serta dipandu oleh moderator dari e-Guru.id, Ratih Hidayah, M.Pd.
Tujuan dan Urgensi Kegiatan
Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya memberikan pemahaman yang komprehensif kepada guru-guru PAUD mengenai pentingnya pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning) dalam implementasi kurikulum nasional yang terus berkembang. Pembelajaran mendalam diharapkan mampu membentuk peserta didik yang tidak hanya cakap secara akademik, tetapi juga mampu berpikir kritis, kreatif, serta memiliki karakter yang kuat sejak usia dini.
Pemahaman Tentang Deep Learning
Implementasi deep learning dalam konteks pendidikan PAUD menekankan pembelajaran yang berpusat pada anak, memicu eksplorasi mendalam terhadap suatu konsep, serta mengaitkan pengalaman belajar dengan kehidupan nyata anak-anak. Ini menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, penuh makna, dan berorientasi pada penguatan profil pelajar Pancasila.
Pandangan Narasumber dari BSKAP Puskurjar
Dr. Fathur Rohim menyampaikan bahwa pendekatan pembelajaran mendalam menjadi sangat relevan dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka.
"Guru PAUD adalah fondasi awal dari proses pendidikan bangsa. Ketika guru mampu menerapkan pembelajaran mendalam, mereka sejatinya sedang membangun generasi masa depan yang berpikir reflektif dan memiliki empati," ujar Dr. Fathur.
Ia juga menekankan pentingnya pelatihan dan penyegaran kompetensi guru secara berkelanjutan agar mampu menghadapi tantangan kurikulum yang terus berkembang.
Harapan dari Rektor Universitas Ivet
Rektor Universitas Ivet, Dr. Luluk Elyana, M.Si., dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat menjadi titik tolak perubahan cara pandang guru dalam mengelola pembelajaran.
“Kami berkomitmen menjadikan Unisvet sebagai pusat transformasi pendidikan, khususnya bagi guru-guru PAUD di Indonesia. Melalui kegiatan ini, kami berharap lahir praktik pembelajaran yang lebih bermakna dan berdampak nyata pada tumbuh kembang anak,” ungkapnya.
Dampak Positif Bagi Pendidikan Anak Usia Dini
Dengan terbangunnya pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan deep learning, pembelajaran di jenjang PAUD ke depan diharapkan semakin berkualitas, tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif, tetapi juga sosial-emosional, moral, dan motorik anak. Ini menjadi langkah penting dalam menyongsong generasi emas 2045.
Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata sinergi antara dunia akademik, praktisi pendidikan, dan lembaga kebijakan dalam membangun ekosistem pendidikan yang tangguh dan adaptif terhadap perubahan.
Lampiran :